Legislator ajak semua pihak wujudkan Pemilu damai

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Legislator ajak semua pihak wujudkan Pemilu damai

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bambang Budi Susanto menyerukan terciptanya Pemilu 2019 damai. Bambang meminta semua yang terlibat pada Pemilu baik Pilpres maupun Pileg menahan diri baik dalam perkataan dan perbuatan yang dapat mendorong pertentangan di masyarakat.

"Terutama menyinggung wilayah sensitif menyangkut keyakinan agama, ras, antar-golongan, dan suku," kata Bambang di Jakarta, Kamis (14/03/2019).

Bambang berpesan supaya semua pihak dapat melaksanakan pemilu dengan cara-cara beradab dan tidak menghalalkan segala cara untuk menang.

"Dalam melaksanakan Pileg atau Pilpres, segenap pihak jangan terjebak ke dalam cara-cara yang tidak beradab, seperti menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan, mempraktikkan politik uang, menebarkan janji palsu, melakukan intimidasi dan manipulasi, atau cenderung menjelek-jelekkan lawan politik, dan menggunakan isu primordial hanya sebagai pembenaran kepentingan kemenangan secara politik semata," jelas politisi PAN ini.

Kepada pemerintah, Bambang mendesak untuk menyelesaikan pertentangan dalam kehidupan bermasyarakat baik melalui pendekatan pencegahan maupun penanggulangan.

"KPU, Bawaslu, aparat kepolisian juga harus melaksanakan tugas masing-masing secara benar, jujur, adil, profesional, imparsial dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Selanjutnya, Bambang meminta masyarakat untuk mendorong proses demokrasi secara aman dan lancar, secara jujur dan adil, dan mengedepankan nilai moral dan etika keagamaan secara konsisten dan konsekuen dengan cara menolak untuk dikendalikan pihak-pihak memiliki niat jahat dalam berdemokrasi

"Kita semua harus berusaha agar bangsa Indonesia terhindar dari malapetaka perpecahan, dan agar memiliki kekuatan lahir dan batin dalam menghadapi tantangan dan ancaman baik yang datang dari luar maupun dalam negeri yang menginginkan perpecahan bangsa dan keruntuhan negara," pungkas Bambang.

BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas Jokowi turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Persoalan DPT bermula dari Kemendagri
Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Fetching news ...