Ini alasan Fahri Hamzah jadi penjamin Ratna Sarumpaet

REPORTED BY: Insan Praditya

Ini alasan Fahri Hamzah jadi penjamin Ratna Sarumpaet Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengungkapkan alasan dirinya menjadi penjamin Ratna Sarumpaet terkait kasus kabar bohong atau hoaks menjadi tahanan kota. Ia mengatakan merasa kasihan dengan Ratna yang sudah lanjut usia dan melakukan kesalahan di ranah publik.

"Kasihan sekali itu keadaannya itu ya, karena saya tahu, dalam usia seperti itu ya, kemudian dia melakukan kesalahan dan diakui," kata Fahri saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (13/03/2019).

Fahri mempertanyakan apa gunanya Ratna Sarumpaet ditahan. Ia juga menyinggung pasal yang dikenai kepada Ratna yang jarang digunakan.

"Apa gunanya itu ditahan? apa gunanya? bahkan penggunaan pasal undang-undang darurat itu tahun 46 tahun, 73 tahun yang lalu itu undang-undang. Kita juga udah nggak pernah tahu ada itu undang-undang, dan juga nggak pernah dipakai selama ini," ujarnya.

Saat ditanya Ratna yang meminta dirinya untuk menjadi penjamin, Fahri mengatakan Ratna tak pernah meminta. Ia mengaku mendapat surat terkait keadaan Ratna Sarumpaet.

"Ga, tapi saya, surat itu bukan surat permintaan. Surat itu surat untuk membaca keadaan beliau aja di dalam," tuturnya.

Selanjutnya, Fahri mengatakan seseorang seperti Ratna Sarumpaet yang sudah berusia 74 tahun ditahan tentu mengalami kesulitan. Ia menyebut presiden Joko Widodo keterlaluan dalam hal ini.

"Jadi tolonglah ini bangsa ini peradabannya jangan jatuh bangun gini dong Ya Allah, terlalu nih, pak Jokowi keterlaluan ini masa begini, peradaban kita sekarang udah jatuh banget nih, masa sikapnya kepada orang tua kayak bu Ratna aja nggak bener," pungkasnya.

BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas Jokowi turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Persoalan DPT bermula dari Kemendagri
Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Fetching news ...