Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi

REPORTED BY: Insan Praditya

Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan BPN makin optimistis  kubu Prabowo dapat melampaui petahana bulan depan. Ia mengatakan hal tersebut setelah melihat hasil survei elektabilitas Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi yang dirilis oleh lembaga survei Media Survei Nasional (Median).

"Saya kira survei Median relatif lebih mendekati walaupun dalam survei kami jaraknya makin tipis. Saya kira ini merupakan satu hal yang membuat kami optimistis bahwa dalam waktu dekat, akhir bulan atau awal bulan depan sudah melampaui petahana," kata Fadli saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa, (22/01/2019).

Fadli mengatakan hasil survei yang dirilis Median, tak jauh beda dengan hasil survei yang dilakukan timnya. Ia menilai lembaga survei Median yang paling independen dari lembaga survei yang lain. 

"Saya kira ini membuat data kami makin dekat. Ini salah satu survei yang menurut saya lebih independen karena tidak terafiliasi dengan kedua kandidat yang saya tahu," ujarnya.

Fadli menilai elektabilitas Jokowi tampak turun dan stagnan, sementara Prabowo jauh lebih cepat meningkatnya.

"Itu kan survei ya, di Jokowi kan 0,2% malah cenderung turun. Jadi menurut saya inilah percepatan kenaikan Prabowo jauh lebih tinggi. Malah yang Prabowo naik, yang ini stagnan ya malah turun," tuturnya.

Selanjutnya, Fadli mengatakan naiknya elektabilitas Prabowo merupakan usaha dari tim kampanye dan para caleg. Ia mengatakan masyarakat tidak melihat keberhasilan yang sering diklaim oleh pemerintah.

"Ya itu salah satu tentu karena ada pergerakan tim kampanye, para caleg juga bergerak. Tapi yang paling penting juga masyarakat tidak melihat keberhasilan sesuai dengan klaim yang ada dari pemerintah kan memang pemerintah ini gagal dalam banyak hal," pungkasnya.

Sebelumnya, Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei elektabilitas paslon Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan selisih dua kandidat relatif stagnan dan suara dari paslon 02 naik, tetapi sedikit lambat.

"Selisih elektabilitas kedua kandidat menipis, suara pasangan 01 relatif stagnan dan suara pasangan 02 tumbuh, tapi lambat," kata Rico beberapa waktu yang lalu.

Hasil survei tersebut mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih unggul atas Prabowo-Sandi. Dalam survei itu, angka elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 47,9 persen, Prabowo-Sandi 38,7 persen, sedangkan 13,4 persen belum menentukan pilihan.

BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas Jokowi turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Persoalan DPT bermula dari Kemendagri
Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Fetching news ...