Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate mengatakan keputusan pemerintah melakukan impor beras karena ketersediaan beras nasional atau stok beras berkurang. Ia mengatakan berkurangnya ketersediaan stok beras, karena sekitar 30 persen lahan pertanian terdegradasi.

"Karena memang proyeksi supply, ketersediaan beras nasional itu tidak sesuai angka-angka yang ada pada saat dilakukan, pengecekan stok, status stok ternyata stok kita kurang, apa penyebabnya? ada degradasi lahan, 30 persen lahan pertanian itu yang tidak diungkapkan selama puluhan tahun, pada saat pemerintahan Jokowi baru ditemukan ternyata lahan berkurang," kata Johnny saat ditemui wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (18/01/2019).

Johnny mengatakan ketika pemerintahan Jokowi menemukan berkurangnya lahan tersebut, produksi beras berkurang sementara permintaan tinggi sehingga pemerintah memutuskan untuk impor beras supaya stabilitas harga terjaga.

"Memang ketersediaannya kurang untuk menjaga stabilitas harga beras diimpor yang salah bukan keputusan nya yang salah dirkursusnya tidak berbasis data," ujarnya.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat bertanya ke Jokowi terkait adanya perbedaan data stok beras yang menyebabkan Pemerintah mengimpor beras.

"Di antara menteri-menteri Bapak itu berseberangan. Ada yang mengatakan persediaan beras cukup, tapi mau impor beras. Bagaimana pejabat yang bapak angkat, termasuk Dirut Bulog, Pak Buwas, mengatakan cukup, Mentan bilang cukup; tapi Mendag iZinkan impor pangan banyak. Ini membingungkan?" tanya Prabowo kepada Jokowi.

Jokowi menjawab perbedaan pendapat dikalangan menterinya terkait keputusan impor beras. Ia mengatakan keputusan itu sudah dicapai, maka harus dijalankan oleh para menterinya.

"Ada yang mau tidak impor, ada yang mau impor; tetapi kalau sudah diputuskan ya memang harus dijalankan. Nanti kalau sudah rampung debatnya baru saya putuskan, impor atau tidak itu baru kita putuskan," jawab Jokowi.

Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Prabowo kampanye di Makassar, Sandiaga di Jawa Tengah
IHSG ditutup menguat di level 6.501
Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Kubu Jokowi akan yakinkan swing voters di kampanye terbuka
Fetching news ...