Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G Plate mengatakan keputusan pemerintah melakukan impor beras karena ketersediaan beras nasional atau stok beras berkurang. Ia mengatakan berkurangnya ketersediaan stok beras, karena sekitar 30 persen lahan pertanian terdegradasi.

"Karena memang proyeksi supply, ketersediaan beras nasional itu tidak sesuai angka-angka yang ada pada saat dilakukan, pengecekan stok, status stok ternyata stok kita kurang, apa penyebabnya? ada degradasi lahan, 30 persen lahan pertanian itu yang tidak diungkapkan selama puluhan tahun, pada saat pemerintahan Jokowi baru ditemukan ternyata lahan berkurang," kata Johnny saat ditemui wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (18/01/2019).

Johnny mengatakan ketika pemerintahan Jokowi menemukan berkurangnya lahan tersebut, produksi beras berkurang sementara permintaan tinggi sehingga pemerintah memutuskan untuk impor beras supaya stabilitas harga terjaga.

"Memang ketersediaannya kurang untuk menjaga stabilitas harga beras diimpor yang salah bukan keputusan nya yang salah dirkursusnya tidak berbasis data," ujarnya.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat bertanya ke Jokowi terkait adanya perbedaan data stok beras yang menyebabkan Pemerintah mengimpor beras.

"Di antara menteri-menteri Bapak itu berseberangan. Ada yang mengatakan persediaan beras cukup, tapi mau impor beras. Bagaimana pejabat yang bapak angkat, termasuk Dirut Bulog, Pak Buwas, mengatakan cukup, Mentan bilang cukup; tapi Mendag iZinkan impor pangan banyak. Ini membingungkan?" tanya Prabowo kepada Jokowi.

Jokowi menjawab perbedaan pendapat dikalangan menterinya terkait keputusan impor beras. Ia mengatakan keputusan itu sudah dicapai, maka harus dijalankan oleh para menterinya.

"Ada yang mau tidak impor, ada yang mau impor; tetapi kalau sudah diputuskan ya memang harus dijalankan. Nanti kalau sudah rampung debatnya baru saya putuskan, impor atau tidak itu baru kita putuskan," jawab Jokowi.

Rizal Ramli: Jokowi impor pangan ugal-ugalan
Pidato Prabowo disebut klise, BPN samakan Prabowo dengan Bung Karno
Amerika Serikat rugi Rp38 triliun
Sempat ditolak, Prabowo akhirnya shalat jumat
Kedengkian terhadap mantan picu impotensi
TKN: Jokowi sudah persiapkan jurus hadapi debat kedua
PSI minta kubu Prabowo klarifikasi soal tudingan Jokowi pakai konsultan asing
Kubu Jokowi nilai Prabowo cari panggung
TKN nilai tak masalah menteri bantu Jokowi susun materi debat
Simulasi Prabowo menang di 12 daerah dinilai hanya kipasan angin surga
Aktivis lingkungan nilai Jokowi komitmen kelola SDA untuk rakyat
Gubernur Enembe tak bersalah, warga Papua desak KPK minta maaf
PSI nilai manuver politik oposisi soal tudingan konsultan asing terlalu bodoh
Kubu Jokowi: Kemenangan di Jawa Barat jadi barometer suara nasional
 Tuduh pakai konsultan asing, PSI tuding oposisi yang sengaja hancurkan citra Jokowi
Fetching news ...