BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak meluruskan pernyataan Capres 02 Prabowo Subianto soal Provinsi Jawa Tengah yang lebih besar dari Negara Malaysia. 

Dahnil mengatakan Prabowo bukan membandingkan seperti timbangan, melainkan hanya perumpamaan hiperbolik yang biasa ia gunakan di beberapa kesempatan.

"Maksudnya Pak Prabowo adalah ingin membandingkan penduduk dan kapasitas, tidak membandingkan apple to apple, ini hiperbola saja, majas. Pak Prabowo suka menggunakan majas-majas. Saya pikir itu salah satu majas," terang Dahnil di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya, Prabowo menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia, sedangkan gajinya yang didapat terbilang kecil.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar," kata Prabowo dalam debat perdana pilpres 2019.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 32.544,12 km persegi.

Sementara itu, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur yang berada di Pulau Kalimantan. Luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

Mendengar pernyataan Prabowo semalam, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ada hal yang salah terkait luasan wilayah.

"Tanggapan pak Prabowo bagus, walau ada pernyataan yang kurang tepat mengenai perbandingan luasan Jateng dan Malaysia," terang Ganjar.

BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas Jokowi turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Persoalan DPT bermula dari Kemendagri
Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Fetching news ...