Demokrat luruskan tudingan main dua kaki di Pilpres

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Demokrat luruskan tudingan main dua kaki di Pilpres "Bukan, itu persepsi yang salah. ..., intinya komitmen kokoh Demokrat akan terus mendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres." - Syarief Hasan.

Wakil ketua umum partai Demokrat Syarief Hasan meluruskan tudingan bahwa partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini bermain dua kaki pada Pilpres 2019.

"Bukan, itu persepsi yang salah. Jadi insyaallah secepatnya masalah ini dapat selesai, termasuk permasalahan Dedy mizwar juga akan selesai. Jadi, tunggu saja, intinya komitmen kokoh Demokrat akan terus mendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres," ujarnya, Jakarta, Kamis (13/09/2018).

Pernyataan Syarief tersebut mengomentari sejumlah tudingan bahwa Demokrat bermain dua kaki karena membiarkan beberapa kadernya mendukung Jokowi-Ma’ruf seperti mantan wakil gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar, dan gubernur Papua, Lukas Enembe.

Syarief mengatakan langkah Dedy Mizwar mendukung Jokowi pada pilpres akan dibicarakan secara khusus oleh Partai. Dia menyerahkan semua keputusan pada Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

"Insyaallah akan diselesaikan secara internal, jadi biarkan Dewan Kehormatan yang menentukan.  Semua partai juga ada yang demikian, berbeda pendapat; ada satu atau dua kader yang tidak sejalan dengan DPP-nya," tegasnya.

Isu politik dua kaki Demokrat muncul setelah partai tersebut memberikan dispensasi kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD), termasuk DPD Papua.

"Sebenarnya sih setiap kader itu harus patuh keputusan partai, namun pada kasus ini agak berbeda, karena memang kita pernah survei di internal partai. Sebelum kita menentukan untuk memilih prabowo, apakah kader tersebut memilih Jokowi atau Prabowo pada pilpres, nah memang ada di antaranya yang memilih Jokowi," terang Syarief.

Syarief mengingatkan walaupun berbeda pilihan, kader dan DPD yang berbeda tersebut harus mempunyai komitmen dalam mensukseskan program partai di Pemilu Legislatif 2019.

"Ya seperti yang saya tegaskan beberapa kali, sebenarnya sebagian mereka juga sudah komitmen untuk mensukseskan program Partai Demokrat dalam Pemilu Legislatif di tahun 2019," tutupnya.

DPR kecam rencana pemindahan kedubes Australia ke Yerusalem
Dua bekas tembakan kembali ditemukan di DPR RI
Anies kaji tata ruang lapangan tembak Senayan terkait penembakan DPR
Indonesia desak Myanmar beri status kewarganegaraan Rohingnya
Terkait peluru nyasar, Fahri minta Anies relokasi lapangan tembak
Wakil Ketua MPR kritik 4 tahun kinerja Jokowi
PKS senang PDIP kritik Anies
Berharap pada niat luhur pemerintah berantas korupsi
PAN: penjarahan masih terjadi di Palu dan Donggala
Kubu Prabowo: Kampanye tak harus selalu pencitraan
Legislator ajak seret Myanmar ke Mahkamah Internasional
Demokrat beri masukan jelang empat tahun pemerintahan Jokowi
Panggil Kepala Daerah, kubu Jokowi nilai Bawaslu berlebihan
Peluru yang nyasar ke DPR berasal dari senjata modifikasi
Bawaslu akan panggil Jokowi-Ma'ruf, Timses: capres-cawapres sibuk
Fetching news ...