Tempat wisata di Dieng yang wajib Anda kunjungi

REPORTED BY: Andika Pratama

Tempat wisata di Dieng yang wajib Anda kunjungi Panorama sunrise di bukit Sikunir, Dieng

Indonesia terkenal dengan pesona wisata yang sangat menarik. Salah satu lokasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat liburan adalah Dataran Tinggi Dieng.

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut.

Jika berkunjung kesana, kalian akan melihat deretan gunung-gunung dan kawah yang menghiasi daerah tersebut. Maka dari itu, potensi wisata alam di Dieng sangat besar karena keindahan geografisnya.

Berikut sejumlah tempat wisata di Dieng yang wajib Anda kunjungi.

1. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir  Terletak di Dieng,tepatnya di Desa Sembungan kecamatan kejajar kabupaten wonosobo. dengan ketinggian 2356MDPL,salah satu bukit yang terkenal akan Golden Sunrisenya

2. Telaga warna Dieng

Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah.

Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna warni.

3. Kawah Sileri

Kawah Sileri adalah kawah vulkanik aktif yang berada di wilayah Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Kawah Sileri pernah meletus pada 13 Desember 1944 sekitar 117 orang meninggal akibat letusan tersebut. Peristiwa itu kembali terulang pada Juli 2017, dan menyebabkan sejumlah pengunjung mengalami luka-luka.

4. Kawah Sikidang

Sikidang adalah kawah di DTD yang paling populer dikunjungi wisatawan karena paling mudah dicapai. Kawah ini terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Dari karakter inilah namanya berasal karena penduduk setempat melihatnya berpindah-pindah seperti kijang (kidang dalam bahasa Jawa).

5. Museum Dieng Kailasa

Museum ini menyimpan artefak dan memberikan informasi tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng (keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) serta warisan arkeologi dari Dieng. Memiliki teater untuk melihat film (saat ini tentang arkeologi Dieng), panggung terbuka di atas atap museum, serta restoran.

6. Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu candi yang berada di kompleks candi Arjuna. Kompleks candi Arjuna menempati luas sebesar 90 hektar. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa candi yaitu candi Srikandi, candi Semar, candi Puntadewa dan candi Sembadra. Tempat ini merupakan wisata budaya yang ramai di kunjungi wisatawan ketika musim liburan tiba.

Cabut moratorium TKI ke Saudi, apa yang harus dilakukan pemerintah?
Uang tol elektronik ancam 20 ribu pekerja
Jangan ambil keputusan saat dalam 4 kondisi ini
Menyikapi isu bangkitnya PKI
Refleksi 1 Muharram
Fetching news ...