Kemenag berburu akomodasi jemaah haji sesuai standar

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Kemenag berburu akomodasi jemaah haji sesuai standar

Tim Perumahan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Kementeria Agama, bertolak ke Arab Saudi untuk mulai mempersiapkan akomodasi bagi jemaah haji Indonesia. Tim beranggotakan 14 orang ini akan bertugas selama kurang lebih 89 hari (sampai Mei) untuk menyiapkan akomodasi  jemaah, di Makkah dan Madinah.  Mereka akan bekerja berdasarkan pakta integritas serta pedoman dan standard operating procedure (SOP) yang telah ditetapkan.

"Tugas tim ini adalah mengidentifikasi calon hotel, memverfikasi dokumen kepemilikan dan penawaran, serta melakukan pengukuran jarak hotel," terang Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, kemarin.

"Selain itu, mereka juga akan melakukan pemeriksaan rumah (kasfiyah), tamtir/taksir (menaksir rasio luas kamar dengan jumlah jemaah), negosiasi, dan melakukan kesepakatan harga," sambungnya.

Atas tugas tersebut, lanjut Sri Ilham, ada sejumlah standar penyediaan akomodasi yang harus dipenuhi. Standar tersebut meliputi:

Pertama, standar administrasi. Hal ini mencakup masalah status kepemilikan, manajemen, dan spesifikasi hotel yang akan ditetapkan.

Kedua, standar wilayah. "Tim harus memastikan lokasi hotel mudah diakses (layanan transportasi) sehingga jemaah juga mendapat kemudahan akses untuk beribadah, baik di hotel maupun di Masjidil Haram," ujarnya.

Ketiga, standar jarak, kualitas, dan harga.

Selain ketiga standar tersebut, penyediaan akomodasi juga harus memenuhi standar kelayakan dengan  memperhatikan aspek kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

Tidak hanya untuk jemaah, Sri menambahkan bahwa tim juga akan mempersiapkan penyediaan akomodasi untuk petugas kloter, PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, layanan sektor, dan kesehatan.

"Sewa akomodasi di Madinah akan diusahakan agar tahun ini bisa menggunakan pola full musim," ujarnya.

"Sebagian akomodasi di Makkah yang disewa adalah hotel yang sudah di-repeat order dan sewa multy years(musim jamak)," tandasnya.

Perburuan akomodasi

Tim perumahan jemaah haji 1439H/2018M sudah tiba di Arab Saudi pada Selasa, 13 Februari 2018 lalu, tim ini akan mulai berburu akomodasi bagi jemaah haji, baik di Makkah maupun Madinah.

Tim perumahan ini terdiri dari 14 petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Mereka akan bertugas selama tiga bulan (Februari – Mei) serta bekerja berdasarkan pedoman penyediaan akomodasi jemaah dan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah disiapkan.

“Saat kedatangan, kami  langsung berkoordinasi dengan Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, Konsulat Jenderal RI (KJRI), serta koordinasi dengan tenaga pendukung, serta briefing tim,” kata Kasi Penyiapan Akomodasi Ihsan Faisal.

Tim Perumahan akan bersinergi dengan KJRI Jeddah dalam menyiapkan akomodasi jemaah haji Indonesia. Petugas Bagian Sosial Budaya KJRI Jeddah Soekarno mengatakan, pihaknya bersama dengan tim perumahan akan mengutamakan system sewa full musim di Madinah.

“Mengutamakan sistem sewa full musim di Madinah, target Markaziah semua,” ujarnya Soekarno.

Staf teknis Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah Amin Handoyo mengatakan, tim penyediaan ini akan dibantu tenaga pendukung, yaitu warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi (mukimin). Menurutnya, ada 39 mukimin yang akan membantu tim perumahan.

Ketua Tim Perumahan yang juga Kasubdit Akomodasi Ditjen PHU Rudi Nurudin Ambary menjelaskan bahwa tim  sudah menandatangani Pakta Integritas untuk bekerja dengan baik. “Juga selalu koordinasi dengan pimpinan dan partner kerja tim; KUH, KJRI, tenaga pendukung,” pesannya.

Dirjen PHU Nizar Ali yang ikut menyambut kedatangan tim perumahan meminta mereka untuk bekerja profesional, serta mentaati aturan dan pedoman. Nizar meminta tim menjaga integritas demi peningkatan layanan akomodasi jemaah yang lebih baik untuk musim haji 1439H/2018M.

Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Fetching news ...