Ideas

Jokowi bagi-bagi THR pensiunan PNS, TNI dan Polri, netizen nyinyir

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Jokowi bagi-bagi THR pensiunan PNS, TNI dan Polri, netizen nyinyir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden atau PP yang mengatur soal Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri, Rabu (23/05/2018).

"PP ini menetapkan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan seluruh PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/05/2018).

Dalam PP tersebut ditetapkan bahwa pemberian gaji ke-13 untuk para pensiunan. Dengan begitu maka THR dan gaji ke-13 diberikan secara bersamaan.

Penambahan THR dengan gaji ke-13 ini diharapkan bisa semakin memicu kinerja aparatur negara tersebut, lantaran jumlah THR tersebut juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Namun keputusan ini menuai banyak kritik dari masyarakat maupun politisi. Jokowi dinilai tidak memiliki  latar belakang yang jelas mengeluarkan keputusan tersebut.

Wakil ketua DPR Fadli Zon mengatakan bahwa hal tersebut bisa dikatakan dengan tindak politis. 

“Kenaikan ini menurut saya ya mungkin saja ada maksud-maksud karena ini tahun politiklah ya, saya kira pemerintah-pemerintah yang lalu juga melakukan hal yang sama," ungkap Fadli di Jakarta, Rabu (23/05/2018).

Politikus Partai Gerindra tersebut menyatakan bahwa dana yang dikeluarkan lebih baik dialokasikan kepada guru honorer yang dinilai jumlahnya cukup banyak.

"Mereka sudah banyak yang mengabdi, harusnya bisa paling tidak secara bertahap menyelesaikan persoalan honorer ini menjadi pegawai negeri, ada kejelasan status atau malah mereka yg diberikan THR kira-kira begitulah. Karena mereka sudah mengabdi," kata Fadli.

Sementara itu, terpantau dari media sosial instagram banyak netizen yang mengkritisi keputusan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

 

 

 

Tetapi ada pula yang mendukung keputusan tersebut.

  

Sebelumnya, dalam pernyataan pengesahan keputusan, Jokowi juga berharap ada peningkatan kinerja ASN dan juga kualitas pelayanan publik secara keseluruhan. 

​"Dan saya berharap dengan pemberian THR dan gaji ke-13 ini bukan hanya akan bermanfaat bagi kesejahteraan pensiunan PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri, terutama saat menyambut Hari Raya Idul Fitri, tapi juga kita berharap ada peningkatan kinerja ASN dan juga kualitas pelayanan publik secara keseluruhan," tandasnya.

 

 

Divonis mati, Aman pikir-pikir
Argentina di ujung tanduk dan permainan buruk Messi
Utang tembus Rp5.028 triliun, BI klaim masih sehat
Putin girang Rusia melaju ke babak knock out
Ahli nilai persepsi masyarakat terhadap rokok elektrik keliru
Risma ingatkan halalbihalal agar tak dijadikan alasan tunda pelayanan
Megawati: Bung Karno ditempatkan dalam sudut gelap sejarah
10 hal dalam RKUHP yang berpotensi lemahkan KPK
Menang di laga kedua, peluang Spanyol dan Portugal masih  bisa digagalkan Iran
Ketika negara hadir bantu korban kebakaran di suasana idul fitri
Kukuhkan dominasi di luar angkasa, Trump perintahkan bentuk pasukan antariksa
Tahun berganti dan masih punya hutang puasa Ramadhan, apa yang harus dilakukan?
Terus bertambah, korban KM Sinar Bangun hampir 200 orang
Dukun bayi Yamini baru terhenti setelah 25 tahun praktik aborsi
Berebut titipan SBY antara Gerindra dan Demokrat
Fetching news ...