News

Jokowi bagi-bagi THR pensiunan PNS, TNI dan Polri, netizen nyinyir

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Jokowi bagi-bagi THR pensiunan PNS, TNI dan Polri, netizen nyinyir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden atau PP yang mengatur soal Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri, Rabu (23/05/2018).

"PP ini menetapkan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan seluruh PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/05/2018).

Dalam PP tersebut ditetapkan bahwa pemberian gaji ke-13 untuk para pensiunan. Dengan begitu maka THR dan gaji ke-13 diberikan secara bersamaan.

Penambahan THR dengan gaji ke-13 ini diharapkan bisa semakin memicu kinerja aparatur negara tersebut, lantaran jumlah THR tersebut juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Namun keputusan ini menuai banyak kritik dari masyarakat maupun politisi. Jokowi dinilai tidak memiliki  latar belakang yang jelas mengeluarkan keputusan tersebut.

Wakil ketua DPR Fadli Zon mengatakan bahwa hal tersebut bisa dikatakan dengan tindak politis. 

“Kenaikan ini menurut saya ya mungkin saja ada maksud-maksud karena ini tahun politiklah ya, saya kira pemerintah-pemerintah yang lalu juga melakukan hal yang sama," ungkap Fadli di Jakarta, Rabu (23/05/2018).

Politikus Partai Gerindra tersebut menyatakan bahwa dana yang dikeluarkan lebih baik dialokasikan kepada guru honorer yang dinilai jumlahnya cukup banyak.

"Mereka sudah banyak yang mengabdi, harusnya bisa paling tidak secara bertahap menyelesaikan persoalan honorer ini menjadi pegawai negeri, ada kejelasan status atau malah mereka yg diberikan THR kira-kira begitulah. Karena mereka sudah mengabdi," kata Fadli.

Sementara itu, terpantau dari media sosial instagram banyak netizen yang mengkritisi keputusan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

 

 

 

Tetapi ada pula yang mendukung keputusan tersebut.

  

Sebelumnya, dalam pernyataan pengesahan keputusan, Jokowi juga berharap ada peningkatan kinerja ASN dan juga kualitas pelayanan publik secara keseluruhan. 

​"Dan saya berharap dengan pemberian THR dan gaji ke-13 ini bukan hanya akan bermanfaat bagi kesejahteraan pensiunan PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri, terutama saat menyambut Hari Raya Idul Fitri, tapi juga kita berharap ada peningkatan kinerja ASN dan juga kualitas pelayanan publik secara keseluruhan," tandasnya.

 

 

Ini alasan mengapa harus puasa sebelum tes darah
Apakah pornografi mempengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan?
Dituduh Megawati tak punya visi-misi, PKS: mustahil dong
Fahri Hamzah dorong pemuda keliling dunia
PKS usul kubu Prabowo-Sandi duduk bersama
PPP muktamar dukung Prabowo-Sandi
Fahri minta Prabowo tak kendor kritik Jokowi
KPK didesak periksa politisi PAN terkait percaloan anggaran daerah
Kubu Jokowi sebut tim ekonomi Prabowo lemah
Fahri Hamzah prihatin dengan kubu Prabowo
Ingin selamat, Parpol lain bisa tiru Demokrat
Kubu Jokowi: kita tak terjebak diksi kubu sebelah
Perindo nilai sosok Jokowi tak identik dengan PDIP
Parlemen Eropa minta AS batasi ekspor senjata ke Arab Saudi demi HAM
Ini kata Bamsoet soal humas Polri
Fetching news ...