Manajemen Lion Air dinilai amatiran

REPORTED BY: Insan Praditya

Manajemen Lion Air dinilai amatiran Pesawat Lion Air

Pengamat penerbangan Alvian lie menilai cara manajemen maskapai Lion air menangani keluarga korban sangat amatianr. Hal tersebut terlihat dari Standar Operasinal Perusahaan (SOP) dan kebijakan dalam melayani dan menunjukan sikap empati kepada keluarga korban yang sangat kurang.

"Mereka tidak punya SOP tentang manajemen krisis dan kebijakan komunikasi saat krisis. Selain itu, budaya melayani dan kepedulian terhadap pelanggan tidak berkembang sebagai karakter perusahaan," ujarnya saat dihubungi wartawan Rimanews.com di Jakarta, Kamis (08/11/2018).

Menurutnya, hal tersebut sangat disayangkan karena perusahaan sebesar Lion Air tidak bisa menunjukkan sikap komunikatifnya kepada publik. Hal itu terutama terkait keluarga korban yang ingin menanyakan kejelasan mengenai anggotanya yang menjadi korban pada perjalanan penerbangan nahas itu.

"Cara mereka mengelola informasi untuk publik dan media.sangat amatiran. Apalagi bagi perusahaan sebesar Lion," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan akibat tidak profesionalnya Lion Air, sudah dipastikan manajemen tersebut akan mengalami kesulitan dalam menghadapi krisis besar yang menimpa perusahaan.

"Akibatnya mereka keteteran ketika menghadapi krisis besar saat ini," tegasnya .

Sebelumnya, seorang perwakilan keluarga penumpang Lion Air asal Bangka Belitung mengatakan komunikasi pihak Lion Air kepada pihak keluarga korban sangat minim. Dalam pertemuan itu ia menganggap perusahaan bentukan Rusdi Kirana tersebut dinilai telah gagal dalam menangani keluarga korban yang mencari kejelasan anggotanya.

"Untuk Lion Air, Rusdi Kirana saya anggap gagal. Mungkin bapak saat krisis perlu segera bentuk crisis communication, tidak hanya crisis center," ujar seorang perwakilan keluarga korban di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, Senin (05/11/2018).

PKB prioritaskan honorer ketimbang kenaikan gaji PNS
Jokowi: Indonesia butuh kritik berbasis data, bukan pembodohan
Sandiaga ingin bangun infrastruktur tanpa utang, ini kata Fadli Zon
Fadli Zon: Tjahjo sebaiknya mundur jika tak bisa urus e-KTP
Fadli Zon ajak anggota parlemen lawan korupsi
BPN: Pindah ke Jateng terobosan brilian
Pimpinan DPR: HAM dan Demokrasi era Jokowi alami kemunduran
Saham Wallstret ditutup menguat sementara saham Eropa melemah
DPR RI kagumi perjuangan Azerbaijan raih kemerdekaan
Kemiskinan ditarget turun 9,5% hingga 9%
DPR RI sambut baik kedatangan parlemen Kuwait
BPN pindah ke Jateng, ini kata Hanura
DPW Kalsel dukung Jokowi, PAN: Itu realita politik lokal
Prabowo perlu reuni 212 lagi jelang Pilpres 2019 jika ingin menang
Meluruskan cara pandang tentang pernikahan dan keluarga
Fetching news ...