Alasan PAN calonkan Amien Rais di Pilpres 2019

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Alasan PAN calonkan Amien Rais di Pilpres 2019 "Amien memilki integritas sebagai pemimpin nasional yang cinta rakyatnya dan NKRI," - Viva Yoga Mauladi

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya serius mencalonkan Ketua Kehormatan PAN Amien Rais sebagai calon presiden di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2019. Menurutnya figur mantan Ketua MPR  itu cocok menduduki posisi tersebut.

 “PAN serius mencalonkan Pak Amien Rais running for President 2019,” papar Viva Yoga Mauladi.

Viva mengatakan adapun dipilihnya Amien Rais karena beberapa alasan yang menjadikannya layak menjadi capres di 2019. Viva berpendapat Amien memilki integritas sebagai pemimpin nasional yang cinta rakyatnya dan NKRI.

Amien juga dinilai memiliki kapasitas kepemimpinan untuk membawa perjuangan bangsa Indonesia.

“Pak Amien memiliki konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya Negara Republik Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya Viva menyampaikan umur tidak akan mengahalangi Amien untuk maju. Secara fisik, menurutnya, Amien masih siap untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin.

Amien pun sebelumnya menyatakan umur tak menjadi masalah lantaran terdorong dengan kemenangan PM Malaysia Mahathir Mohamad yang berusia 92 tahun.

“Pak Amien masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dan beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan,” tutupnya.

Dalam bursa pencalonan calon presiden tahun 2019, Amien bukan satu-satunya yang dicapreskan. Ada tokoh lain yang hendak diusung seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, dan Ketua Dewan Penasehat PAN Sutrisno Bachir.

Soal siapa capres yang akan dipilih, Viva mengatakan keputusannya ada di Rakernas PAN akhir bulan ini, tepatnya 28 Juni nanti. Selain itu, PAN juga akan mengajak bicara calon koalisi.

“Nanti akan diputuskan bersama partai yang berkoalisi. Untuk koalisi partai apa, masih dalam proses pematangan pembentukan koalisi. Jika sudah ada kesamaan platform koalisi, akan segera diumumkan secara resmi,” jelasnya.

Sebelumnya dihadapan para wartawan, Amien Rais menyampaikan keinginannya untuk maju pilpres setalah terinspirasi oleh terpilihnya Mahathir Mohamad sebagai Perdana Mentri Malaysia yang berusia 92 tahun.

“Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi. Saya berterima kasih ke Mahathir. Saya juga sedikit agak layak. Sudah kuno, tapi dengan Mahathir itu jadi ada semacam perubahan visi orang di Asia Tenggara ini,” ujar Amien.

Walaupun begitu, sesepuh partai PAN ini masih harus menggalang dukungan dulu karena meski tidak ada keberatan PAN untuk dirinya capres tetapi ada tiga tokoh lain yang diusung untuk capres di Pilpres 2019 yaitu Zulkifli hasan, SUstrisna Bachir, dan Hatta Rajasa.

Diputusin saat lagi sayang-sayangnya, harus bagaimana?
Fahri beber alasan Kwik Kian Gie tak cocok di kubu Jokowi
Ini orang yang akan terbang ke bulan bareng SpaceX
Kemendikbud kuatkan sistem zonasi di daerah
KPK periksa Wakil Ketua DPR RI dari PDIP
Tanggapi SBY, kubu Jokowi nilai kebebasan berpendapat sudah baik
Saran Mardani bagi ibu-ibu agar hidup tak susah
Gerindra berniat masukkan Kwik Kian Gie ke tim Prabowo
Kubu Jokowi nilai belum perlu mencari pengganti Johan Budi
Terkait pengganti Sandiaga, PKS minta Gerindra tak banyak wacana
MPR kutuk perdagangan online PRT Indonesia
SBY tuding pihak asing obok-obok urusan bangsa Indonesia
Ahmad Dhani nilai cuitannya bukan hoaks
Ratna Sarumpaet tuding pemerintah blokir dana pembangunan Papua sebesar 23,9 T
Ribuan PNS terindikasi korup, Tjahjo gandeng KPK
Fetching news ...