Perppu No 2/2017 untuk selamatkan Pancasila dan NKRI

REPORTED BY: Andika Pratama

Perppu No 2/2017 untuk selamatkan Pancasila dan NKRI

Perkembangan dan situasi politik Indonesia beberapa waktu terakhir dimana muncul dan semakin eksisnya ormas-ormas radikal yang tujuan organisasinya adalah mengganti dasar negara Pancasila, menolak NKRI, anti kebhinekaan, intoleran didalam aktifitasnya di kehidupan masyarakat.

Pemerintah Jokowi bertindak tegas melihat kondisi yang semakin mengkhawatirkan. Jokowi menerbitkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 2/2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) yang bertujuan untuk memberantas ormas radikal.

Perppu Ormas memakan korban. Adalah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan oleh pemerintah karena dianggap berbahaya karena akan mengganti Pancasila dengan sistem khilafah. Keputusan pemerintah mendapatkan perlawanan dari HTI dan ormas Islam lainnya.

Mereka beramai-ramai menggugat Perppu No 2/2017 ke Mahkamah Konstitusi. Ormas-ormas Islam menganggap bawah peraturan tersebut sangat berbahaya karena pemerintah bisa seenanknya membubarkan ormas tanpa peradilan.

Pemerintah diminta jaga Pancasila dan NKRI
 

Negara Kesatuan Republik Indonesia di bangun atas berkat rahmat Allah seperti tercantum dalam mukkadimah UUD 1945. NKRI di bangun dengan peran yang sangat besar dari berbagai kelompok anak bangsa dari seluruh Nusantara.

NKRI adalah sebuah kesepakatan agung atau konsensus besar para 'the funding fathers' untuk membawa bangsa yang majemuk dengan ratusan suku bangsa ini menuju jembatan emas untuk mencapai tujuan bernegara seperti tercantum dalam konstitusi yakni, 

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut menjaga ketertiban dunia.

Koalisi Pemuda & Masyarakat Pro NKRI (KPMP - NKRI) yang terdiri dari gabungan aktifis organisasi kepemudaan (OKP), Organisasi mahasiswa dan pemuda kedaerahan Se Nusantara dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mendukung langkah-langkah pemerintah dalam hal ini Presiden RI yang telah mengeluarkan Perppu No 2/2017 tentang Ormas untuk membubarkan ormas-ormas radikal yang tidak sesuai dengan Pancasila dan tidak sesuai dengan prinsip NKRI

Selanjutnya, KPMP NKRI meminta pemerintah untuk sungguh-sungguh mempertahankan Pancasila dan NKRI dari anasir anasir yang ingin menggantinya dengan ideologi lainnya yang radikalis dan intoleran.

Dan yang terakhir, KPMP - NKRI mendesak DPR RI agar segera mensyahkan Perppu no 2/2017 tentang ormas untuk menjadi UU untuk menjaga Pancasila dan NKRI harga mati.

Bamsoet: DPR belum terima surat dari PAN soal pengganti Taufik
PKS harap reuni 212 berjalan aman
Separuh anggota DPR bolos pada sidang Paripurna MPR 2018-2019
PKS nilai tak ada kata terlambat untuk kampanyekan Prabowo-Sandi
PSI: Amien Rais hilangkan kepercayaan warga Muhammadiyah
Kaum tani sedunia menangkan perjuangan hak azasi di PBB
Fahri Hamzah ingatkan Jokowi pentingnya berpikir
Pelecehan marak, DPR komitmen rampungkan RUU penghapusan kekerasan seks
Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Fetching news ...