News Law

Saat pegawai Kemenag jadi agen teror

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Saat pegawai Kemenag jadi agen teror "Ini pelajaran bagi kami untuk lebih ketat, ... ASN dan keluarganya tentu harus sesuai dengan sumpah dan janji ketika dilantik dan mentaati UU ASN." - Lukman Hakim Saifuddin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengonfirmasi bahwa istri Budhi Satrijo, tersangka teroris yang ditembak mati polisi di Sidoarjo, adalah pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur.

"Ya, informasi yang kami dapatkan dari Kanwil Jawa Timur, sejumlah aparat Inspektorat Jenderal yang kami terjunkan ke sana, memang betul terkonfirmasi," kata Lukman usai mengikuti rapat mengenai kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

"Ini pelajaran bagi kami untuk lebih ketat, lebih meningkatkan kewaspadaan bahwa seluruh ASN dan keluarganya tentu harus sesuai dengan sumpah dan janji ketika dilantik dan mentaati UU ASN," sambungnya.

Lukman juga menegaskan pemerintah akan mengenakan sanksi kepada aparatur sipil negara yang jelas-jelas telah terbukti melanggar hukum, melanggar sumpahnya, dan melanggar regulasi yang ada.

Menteri Agama mengatakan kementeriannya terus berkomunikasi dengan penegak hukum berkenaan dengan masalah ini.

Sebelumnya, tim Densus 88 Anti Teror menggerebek rumah Budhi Satrijo di Blok A4 No 11 RT 13/05 Perumahan Puri Maharani, Desa Masangan Wetan, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Tim Densus 88 Anti Teror sudah melakukan pengepungan rumah terduga, namun yang bersangkutan tak kunjung menyerahkan diri.

Polisi akhirnya menembak mati Budhi, yang menurut polisi terlibat dalam kegiatan jaringan teroris, karena melawan petugas saat ditangkap di rumahnya. Istrinya yang bernama Wikoyah sekarang sudah ditahan polisi.

Imbauan perjalanan

Akibat rentetan teror bom di Surabaya, sejumlah negara mengeluarkan imbauan perjalanan (travel advice) bagi warganya yang berada di Indonesia.

Saran perjalanan tersebut datang dari Inggris, Amerika Serikat, Singapura dan Australia.

Di laman resmi kedutaan besar sejumlah negara di Indonesia, Jakarta, Selasa, Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Indonesia menyarankan bagi warga negaranya untuk terus memantau media lokal terkait pembaruan informasi serangan teror tersebut.

Bagi warga Inggris yang berada di area Surabaya, diharapkan berhati-hati dan mengikuti saran dari otoritas lokal.

Pihaknya mengatakan serangan semacam itu menargetkan tempat-tempat umum dan ramai.

Sementara itu, Kedubes Singapura di Indonesia menyarankan warga Singapura yang bepergian ke atau sudah di Surabaya untuk berhati-hati, tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk keselamatan pribadi.

"Anda juga harus memperhatikan instruksi dari pemerintah setempat, dan pantau terus berita lokal," demikian pernyataan dalam saran perjalanan di laman resmi Kedubes Singapura.

Demikian pula dengan Kedubes Amerika Serikat di Indonesia. Pihaknya menyarankan warga negaranya untuk mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: carilah tempat berlindung yang aman, tinjau rencana keamanan pribadi, pantau media lokal untuk pembaruan dan sadarilah lingkungan sekitar.

Pihaknya juga menginformasikan bahwa operasi dari pihak kepolisian Indonesia melawan teroris sedang berlangsung.Pemerintah AS prihatin atas kejadian tersebut.

"Teroris mungkin menargetkan kantor polisi, tempat ibadah, lokasi wisata, pusat transportasi dan tempat umum lainnya," demikian pernyataan di laman resmi Kedubes Amerika Serikat.

Kedubes Australia di Indonesia juga mengimbau warganya untuk berhati-hati karena ancaman serangan teror yang terjadi baru-baru ini.

"Perhatikan keamanan pribadi Anda setiap saat dan pantau media untuk informasi terbaru tentang risiko keselamatan atau keamanan," demikian imbauan dari kedubes itu.

Pihaknya juga menginformasikan bahwa otoritas Indonesia terus menangkap teroris dalam tahap lanjutan dari perencanaan serangan.

"Sangat waspada di tempat-tempat ibadah dan selama periode liburan yang signifikan," demikian lanjutan imbauan itu.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyebut "travel advice" (imbauan perjalanan) yang dikeluarkan oleh beberapa negara untuk warganya setelah peristiwa pemboman di beberapa titik di Indonesia bukan berarti larangan berkunjung.

PKB prioritaskan honorer ketimbang kenaikan gaji PNS
Jokowi: Indonesia butuh kritik berbasis data, bukan pembodohan
Sandiaga ingin bangun infrastruktur tanpa utang, ini kata Fadli Zon
Fadli Zon: Tjahjo sebaiknya mundur jika tak bisa urus e-KTP
Fadli Zon ajak anggota parlemen lawan korupsi
BPN: Pindah ke Jateng terobosan brilian
Pimpinan DPR: HAM dan Demokrasi era Jokowi alami kemunduran
Saham Wallstret ditutup menguat sementara saham Eropa melemah
DPR RI kagumi perjuangan Azerbaijan raih kemerdekaan
Kemiskinan ditarget turun 9,5% hingga 9%
DPR RI sambut baik kedatangan parlemen Kuwait
BPN pindah ke Jateng, ini kata Hanura
DPW Kalsel dukung Jokowi, PAN: Itu realita politik lokal
Prabowo perlu reuni 212 lagi jelang Pilpres 2019 jika ingin menang
Meluruskan cara pandang tentang pernikahan dan keluarga
Fetching news ...