Melestarikan aksara Arab Pegon

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Melestarikan aksara Arab Pegon

Guru Besar dari Fatoni University (FU) Thailand, Ismaillutfi Japakiya mengajak mahasiswa di nusantara untuk melestarikan aksara Arab Pegon.

“Antum semua sudah menjadi orang Inggris, sehingga hampir semua menggunakan bahasa Inggris dan melupakan Arab Pegon. Mari kita budayakan dan kembangkan kembali sebagai kekayaan intelektual kita,” pesan Ismail kepada para mahasiswa Program Beasiswa Bidikmisi IAIN Metro Lampung yang melakukan Student Mobility Program (SMP) ke Thailand, Kamis (15/03).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa Indonesia 2005), pegon diartikan dengan “aksara arab yang digunakan untuk menuliskan bahasa Jawa; tulisan Arab yang tidak dengan tanda-tanda bunyi (diakritik); tulisan Arab gundul.” Namun, pengertian ini berkembang seiring ditemukannya tulisan sejenis dalam bahasa Madura, Bali, dan Sunda, serta tidak semuanya berupa tulisan tanpa harakat (tanda bunyi).

Pembantu Rektor yang juga Ketua Majlis Kerjasama Antar Agama Thailand ini merasa senang dengan kunjungan mahasiswa Indonesia. “Saya inginan ada diantara kalian, 3 - 4 orang, yang dapat melanjutkan studi program magister di kampus ini secara cuma-Cuma,” kata Ismail, yang memaparkan makalah yang ditulis dengan Arab Pegon dengan judul 15 Sifat Hayati Jannati..

Kampus Fatoni University beralamatka di 135/8 M. 3T. Khoutoom A. Yarang CH. Pattani. Daerah yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Total jumlah penduduk Thailand 70 juta dan 80 persennya beragama Buddha, Islam 10 persen, dan lainnya adalah Hindu, Kristen, Konghucu, dan agama Sikh.

Universitas Fatoni banyak dikunjungi tamu mancanegara. Mahasiswanya berasal dari 14 negara, di antaranya China, Kamboja, Laos, Myanmar, Papuanugini, Yordania, Arab Saudi, juga Indonesia. Mahasiswa terbanyak adalah dari China dan Kamboja.

Universitas Fatoni memiliki 4000 mahasiswa, tersebar di empat fakultas, yaitu Fakultas Pengajian Islam dan Undang-Undang (PAI), Fakultas Sastra dan Sains Kemasyarakatan, Fakultas Sains dan Teknoligi dan Fakultas Pendidikan.

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Melayu dan Indonesia Fakultas Sastra dan Sains Kemasyarakatan Ku Aris mengatakan sudah dua tahun terakhir ini pihaknya membuka konsentrasi Bahasa Indonesia yang salah satu dosennya berasal dari Bantul, Jogjakarta.

Dosen itu bernama Silahuddin. Lulusan S2 Lingistik UGM ini menginformasikan bahwa dia dibantu dosen Bahasa Indonesia dari Pusat Pengembangan dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Kemdikbud RI dalam dua tahun ini.

SMP dilaksanakan selama satu minggu,  11 - 17 Maret 2018. Program ini diikuti 72 mahasiswa Bidikmisi angkatan 2014 dan 2015 serta 9 orang pendamping. SMP untuk peserta Bidikmisi adalah kali pertama, sedangkan untuk Program Pascasarjana (S2) untuk kali ketujuh.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Metro Ida Umami mengatakan kunjungan ke Universitas Fatoni ini adalah kali kelima, dengan membawa mahasiswa berprestasi penerima Beasiswa Bidikmisi. “Saya mengira di antara mereka ini tidak pernah bermimpi bisa pergi ke Luar Negeri, bahkan sekedar mempunyai paspor pun tidak,” canda Ida.

Ida Umami menegaskan bahwa kehadirannya ke Universitas Fatoni adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman kita agar mengetahui sistem pendidikan di luar negeri sekaligus tradisi keilmuannya. “Kami minta kepada Pak Rektor untuk memberikan tausiyah, agar para mahasiswa ini dapat istiqamah dalam beragama, berbangsa, dan menuntut ilmu”, harap Ida.

Kepala Seksi Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ruchman Basori mengatakan telah banyak putra-puteri Pattani yang mengambil studi melalui beasiswa di sejumlah PTKIN di Indonesia.

“Kerjasama meningkatan akses dan mutu terhadap anak-anak Pattani agar mendapatkan pendidikan tinggi harus terus dilakukan sebagai bentuk affirmasi,” kata Ruchman.

Bamsoet: DPR belum terima surat dari PAN soal pengganti Taufik
PKS harap reuni 212 berjalan aman
Separuh anggota DPR bolos pada sidang Paripurna MPR 2018-2019
PKS nilai tak ada kata terlambat untuk kampanyekan Prabowo-Sandi
PSI: Amien Rais hilangkan kepercayaan warga Muhammadiyah
Kaum tani sedunia menangkan perjuangan hak azasi di PBB
Fahri Hamzah ingatkan Jokowi pentingnya berpikir
Pelecehan marak, DPR komitmen rampungkan RUU penghapusan kekerasan seks
Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Fetching news ...