Cara terbaik menyaksikan gerhana super moon nanti malam

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Cara terbaik menyaksikan gerhana super moon nanti malam

Ahli astronomi dari dari BMKG Kupang, Margiono mengatakan, untuk melihat gerhana bulan, baik itu gerhana parsial, penumbra, atau total, tidak membutuhkan filter, sebab cahaya bulan yang merupakan cahaya pantulan dari sinar matahari tidaklah silau.  

Fenomena gerhana bulan total "Super Blue Blood Moon" atau "Supermoon" akan terjadi malam ini, (31/01/2018).

Hal yang dibutuhkan adalah cuaca cerah, jaket supaya tetap hangat di malam hari, kursi santai, serta kopi dan cemilan, kata Margiono melalui pesan WhatsApp, Selasa terkait bagaimana melihat gerhana bulan.

"Tidak perlu filter, sebab cahaya bulan yang merupakan cahaya pantulan dari sinar matahari tidaklah silau," katanya.

Dia mengatakan, masyarakat yang ingin melihat gerhana bulan bisa mencari lokasi yang cocok, dan bisa melihat gerhana bulan selama berada di sisi malam bumi saat gerhana terjadi.

"Dengan begitu, kami merekomendasikan lokasi pengamatan di daerah pedesaan, atau area yang masih sedikit atau bahkan tidak ada cahaya lampu maupun polusi cahaya buatan lainnya," katanya menjelaskan.

Dia menambahkan, cuaca cerah saja tidak cukup untuk melihat gerhana bulan.

"Berada di area pengamatan dengan kondisi sekitar yang minim cahaya akan membuat seseorang lebih jelas dan mendapati pertunjukan gerhana bulan total terbaik," katanya.

Walau begitu, tidak ada salahnya memilih lokasi pengamatan di daerah perkotaan, sebab hal itu dapat memberikan latar depan yang menarik jika ingin memotret gerhana.

Secara keseluruhan, waktu terjadinya gerhana bulan diperkirakan mulai pukul 18.48 WIB, gerhana bulan total pukul 19.52 WIB, puncak gerhana pukul 20.30. WIB, dan akan berakhir antara pukul 21.08-22.11 WIB.

"Puncak gerhana bulan total akan terjadi selama satu jam 16 menit yang ditandai bulan berwarna merah," katanya.

Adapun keseluruhan proses gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 dapat diamati di Samudra Pasifik serta bagian timur Asia, Indonesia, Australia, dan bagian barat laut Amerika.

Gerhana ini juga dapat diamati di bagian barat Asia, Samudra Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian timur Eropa pada saat bulan terbit.

Ulangan 150 tahun lalu

Peristiwa alam langka yang terakhir kali terjadi 150 tahun silam akan menghiasi langit malam di beberapa bagian dunia. Oleh karena itu, jangan lupakan peristiwa yang hanya ternyata sekali dalam hidup Anda ini.

Gerhana Bulan Total yang lebih populer disebut 'super blood blue moon' akan terlihat paling jelas di Amerika Utara bagian barat, Asia, Timur Tengah, Rusia dan Australia.

"Super blue blood moon" tercipta dari bulan biru—yakni bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender—yang bersamaan dengan terciptanya supermoon manakala bulan berada pada titik lintasan dan menjadi 14 persen lebih terang dari biasanya.

Fenomena ini juga bersamaan dengan terciptanya "blood moon", yakni momen yang terjadi selama gerhana bulan ketika bulan yang berada di bayang-bayang bumi menampilkan warna merah merona.

Jika manusia yang menghuni belahan timur dunia terakhir kali melihat gerhana bulan total pada 1982, maka bagi manusia yang berada di belahan barat Bumi, terakhir kali melihat gerhana bulan total adalah pada 1866.

Sejajarnya mata hari, bulan dan Bumi akan berlangsung selama satu jam 16 menit dan akan terlihat jelas sebelum fajar 31 Januari di seluruh Amerika Utara, Alaska, Hawaii dan Canada.

Sementara itu, bagi mereka yang berada di Timur Tengah, Asia, Rusia Timur, Australia dan Selandia Baru, 'super blue blood moon' bisa disaksikan saat bulan terbit pada 31 Januari malam.

Integritas Jokowi diragukan usai tunduk pada ancaman Ma'ruf amin
Mengintip sekolah fashion muslim pertama di Indonesia
Tanda haji yang diterima Allah
5 bank besar jadi korban sekte penghapus utang
Usai haji, AHY bakal gabung tim pemenangan Prabowo-Sandi
Kubu Jokowi bekali tim kelola media sosial
Bongkar intrik Ma'ruf Amin, Mahfud masih dukung Jokowi?
Lantik Wakapolri Syafruddin, Jokowi amankan suara Polri?
Soal tuntutan rotasi jabatan yang tak transparan, ini jawaban KPK
Orang Indonesia paling nggak bisa <i> nyusu </i>
Ma'ruf Amin perintahkan NU ancam Jokowi hanya tafsiran Mahfud MD
3 kali mogok dalam 12 hari, LRT Palembang 95 persen produk lokal
Legislator minta dalang pembakaran satu keluarga dihukum mati
Kubu Jokowi ingin Ma'ruf temui Rizieq di Mekkah
Ahok bakal terjun kampanye untuk Jokowi?
Fetching news ...