Candaan Adhyaksa Dault soal Pramuka jadi menantu idaman

REPORTED BY: Andika Pratama

Candaan Adhyaksa Dault soal Pramuka jadi menantu idaman Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault membuat suasana upacara lebih segar. Pasalnya, ia menyinggung bahwa Pramuka berpotensi menjadi menantu idaman para mertua.

Saat awal pidato, Adhyaksa menjelaskan bahwa ia memiliki harapan bagi Pramuka Indonesia agar suatu saat nanti mendapat dukungan penuh dari pemerintah, memiliki sistem yang jauh lebih baik, dan juga menghasilkan generasi Pramuka yang lebih mumpuni.

"Jika nanti cita-cita saya itu tercapai, akan muncul pendapat dari para orang tua bahwa menantu idaman para mertua adalah anggota Pramuka," kata Adhyaksa.

Mantan Menteri Pemuda dan OLahraga ini juga menambahkan, anggota Gerakan Pramuka Indonesia tahun ini berjumlah 22 juta, 10,8 juta di antaranya telah terdaftar secara online. Seluruh Pramuka tersebut dipastikan terhindar dari narkoba.

"Jadi, jika nanti ada orang tua yang mencari pasangan untuk anaknya, tanya dulu, dia Pramuka atau bukan. Kalau Pramuka, kalian sudah separo diterima," kelakar pria yang dikenal tegas sekaligus humoris itu.

Adhyaksa juga menjelaskan pentingnya anggota Gerakan Pramuka sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati jasa para pahlawan. Tak luput, Adhyaksa memberikan apresiasi kepada Pramuka dari berbagai Kwartir Daerah yang mengenakan dan mengenalkan baju adat saat upacara HUT RI tersebut.

Ia meminta Pramuka menjadikan kedua orangtua, para guru, pemuka agama, pelatih dan pembina Pramuka mereka sebagai idola.

"Kakak tidak mempersoalkan adik-adik histeris menyambut kedatangan para artis baik dari dalam dan luar negeri, minta foto, minta tanda tangan, bahkan ada yang sampai pingsan, dll. Namun, jangan lupa di rumah adik-adik, di sekolah adik, di rumah-rumah ibadah, dalam kegiatan luar ruangan ada pahlawan-pahlawan yang juga wajib adik-adik idolakan. Mereka adalah kedua orang tua adik-adik, para guru, para pemuka agama, dan kakak-kakak para pelatih dan pembina Pramuka," pungkasnya

Diajari menyelam

Rangkaian kegiatan Raimuna Nasional XI sudah dimulai, salah satunya kegiatan diving di Kolam Renang Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini dipandu salah seorang pemecah rekor menyelam dunia dalam ajang Sail Bunaken tahun 2009 lalu, Asri Eka Mutiara.

Kepada ratusan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Asri mengatakan bahwa berenang dan menyelam itu menyenangkan, asalkan mengerti tekniknya

"Anggaplah air itu bukan musuh, air itu adalah teman, dengan tekniknya menurut di kepramukaan," ujar Asri

Asri menambahkan, dia beserta tim penyelam yang berasal dari Jawa Barat, merasa sangat terhormat bisa berpartisipasi dalam kegiatan Raimuna Nasional 2017. Dalam giat air bertajuk Zona Water Activity ini, ia dibantu beberapa rekan instruktur lain, yaitu Spelda Hadid, Dekat, Adwa, dan Handri.

"Kami ingin sekali menunjukkan, meski Jawa Barat terkenal dengan dataran tingginya, kami juga punya potensi kegiatan di air, kami juga bisa jaya di air dong,"

Asri merupakan salah satu peserta penyelaman terbanyak dengan jumlah 4000 peserta yang diciptakan saat Sail Bunaken 2009 lalu. Penyelaman ini berhasil memecahkan rekor dunia yang dicatat dalam Guinness World of Record (GWR).

Tentang Raimuna

Raimuna  adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional  setiap lima tahun sekali, yang tahun ini memasuki agenda ke-11.

Kata raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu rai dan muna. Rai berarti ‘sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama’. Sementara itu, muna adalah ‘daya jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan’.

Jika dimaknai secara lengkap, raimuna berarti ‘sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan’.

Materi umum pada Raimuna Nasional adalah tentang Pancasila, kebhinekaan, penghayatan agama, jiwa perjuangan 1945, persahabatan dan kekeluargaan, perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi, seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup, keamanan dan ketertiban masyarakat, adat-istiadat dan tata susila, kepemimpinan dan kewirausahaan.

Cabut moratorium TKI ke Saudi, apa yang harus dilakukan pemerintah?
Uang tol elektronik ancam 20 ribu pekerja
Jangan ambil keputusan saat dalam 4 kondisi ini
Menyikapi isu bangkitnya PKI
Refleksi 1 Muharram
Fetching news ...